Sabtu, 25 Februari 2017

Konfigurasi IP Address Pada Debian Lengkap


Konfigurasi IP Address Pada Debian Lengkap - Apabila kita sudah menginstall server atau pun router Debian sudah pasti hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengkonfigurasi interface network dari Debian itu sendiri. Jika ingin server atau router debian kita terhubung dengan internet maupun dengan klien nya kita harus mengatur konfigurasi ip address debian kita terlebih dahulu, berikut ini saya akan share bagaimana cara konfigurasi network interfaces pada debian. Tutorial ini terbagi menjadi 2 skema yaitu terhubung ke internet (2 interface) dan jaringan lokal saja (1 interface). Tutorial ini juga akan saya sertakan bagaimana cara mengatur di Virtual Box atau VM Ware nya. Bagi yang ingin tutorial cara menginstall debian, silahkan kunjugi halaman berikut Ebook Panduan Installasi Debian Lengkap.


A. Skema Jaringan 1 (Terhubung Internet)
Pada contoh skema jaringan diatas terlihat bahwa dari internet (Router Speedy,etc) ke Router & Server Debian lalu ke Client. Nah disini komputer Debian harus mempunyai 2 Interfaces kartu jaringan (LAN), eth0 ke internet, dan eth1 ke client. Saya akan share bagaimana cara menambahkan kartu jaringan nya pada Virtual Box, atau VM Ware jika anda menggunakan VM Ware


Menambahkan Kartu Jaringan (Interfaces LAN, Untuk eth1)

  1. Menambahkan Interfaces Jaringan di Virtual Box #1


    Buka aplikasi Virtual Box, lalu klik pengaturan.

  2. Menambahkan Interfaces Jaringan di Virtual Box #2


    Nah disini kita akan menambahkan eth1 (untuk terhubung ke client). Pilih jaringan, lalu pilih Adaptor 2, selanjutnya centang pada Fungsikan Adaptor Jaringan, pilih terpasang pada Adaptor Hanya Host (dikarenakan client sama sama di install di Virtual Box), terakhir pilih ok.

  3. Menambahkan Interfaces Jaringan di VM Ware #1


    Ini adalah tutorial jika anda menginstall server dan router debian secara virtual di VM Ware, jika anda menggunakan Virtual Box silahkan lewati saja langkah langkah menambahkan interfaces jaringan di VM Ware ini. Buka aplikasi VM Ware lalu klik seperti gambar diatas.

  4. Menambahkan Interfaces Jaringan di VM Ware #2


    Klik Add, jika ada pemberitahuan tekan enter atau yes.

  5. Menambahkan Interfaces Jaringan di VM Ware #3



    Pilih Custom: Spesific virtual network VMnet0 (Misalkan kliennya juga di install VMWare). Lalu Finish.

Konfigurasi IP Address Network di Debian

  1. Login dan Buka File Konfigurasi


    Login dengan user root terlebih dahulu, lalu buka file konfigurasi interface networknya, ketik nano /etc/network/interfaces

  2. Mengatur File Konfigurasi


    Jika anda tidak mengatur ip address pada saat penginstallan debian, maka file konfigurasi network akan seperti diatas. Disini kita harus mengisi ip address agar server dan router debian ini bisa terhubung dengan internet (eth0) maupun ke klien (eth1). Jika pada saat penginstallan debian anda sudah mengisi ip, maka kita tinggal tambahkan ip eth1 nya. Di bawah tulisan the primary network interface silahkan isi seperti yang saya contohkan pada gambar di bawah ini setelah itu silahkan disimpan dengan menekan ctrl + o lalu ctrl + x



    Keterangan
    gateway (ip router internet) : 192.168.100.1/24
    eth0 (ke internet) : 192.168.100.2/24
    eth1 (ke klien) : 192.168.200.1/25

  3. Buka File Hosts


    Setelah itu buka file hosts untuk mendaftarkan ip, domain, dan user nya. Mengapa harus melalukan ini? Karena jika kita tidak menambahkan ip yang lain otomatis server debian tidak akan mengenali interfaces yang terhubung dengannya (contoh interface eth1). Dan tambahkan seperti gambar di bawah ini lalu simpan.


  4. Restart Network


    Silahkan restart network debiannya, ketik service networking restart.Apabila ok berarti anda sudah berhasil mengkonfigurasi network debian, jika masih failed silahkan coba lebih teliti lagi pada saat pengisian ip di file konfigurasi interface network dan juga di file hosts nya.


B. Skema Jaringan  2 (Jaringan Lokal)

Pada contoh skema jaringan yang kedua ini adalah server debian hanya terhubung dengan jaringan lokal. Jadi disini hanya dibutuhkan satu interface saja tidak perlu ditambahkan lagi. Silahkan ikuti tutorialnya.

  1. Login dan Buka File Konfigurasi


    Login terlebih dahulu menggunakan user root, lalu masuk ke file konfigurasi interface network, ketik nano /etc/network/interfaces

  2. Konfigurasi Interface Network


    Disini anda perlu mengganti tulisan allow-hotplug eth0 menjadi auto eth0 dan juga tulisan dhcp dibawah nya menjadi static. Jika saat penginstallan Debian anda sudah mengisi ip address, anda hanya perlu mengganti tulisan allow-hotplug eth0 tadi manjadi auto eth0. Setelah itu silahkan isi seperti gambar di bawah.


  3. Restart Network


    Selanjutnya restart network debiannya, ketik service networking restart.Apabila ok berarti anda sudah berhasil mengkonfigurasi network debian, jika masih failed silahkan coba lebih teliti lagi pada saat pengisian ip di file konfigurasi interface network nya.


    Sekian dulu tentang tutorial Konfigurasi IP Address di Debian kali ini, jika anda masih bingung silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah ini. Tunggu update postingan berikutnya seputar tentang Debian ini. Terima kasih.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner