Jumat, 24 Februari 2017

Cara Mengganti Port SSH di Debian


Cara Mengganti Port SSH di Debian - Pada umumnya port default SSH itu adalah 22, hal ini tentu server debian kita gampang dimasuki dengan mudah oleh orang lain apabila masih menggunakan port default tersebut. Alangkah baiknya kita mengganti port tersebut dengan angka yang lebih rahasia. Nah kali ini saya akan berbagi tutorial mengubah port ssh di debian nya, pastikan sebelumnya paket ssh sudah terinstall, baca di sini Cara Install SSH di Debian Lengkap. Jika sudah silahkan ikuti tutorial berikut ini.

  1. Buka File Konfigurasi SSH


    Pastikan sudah login user root, untuk mengubah port default SSH nya buka terlebih dahulu file konfigurasinya, ketikan perintah nano /etc/ssh/sshd_config

  2. Merubah Port SSH


    Disini kita sudah masuk di file konfigurasi SSH nya, silahkan geser kebawah dan lihat tulisan Port 22 tersebut lalu silahkan ganti ke yang lebih rahasia, sebagai contoh disini saya rubah ke Port 8888 seperti gambar dibawah ini.


  3. Restart SSH


    Setelah itu restart SSH, ketikan perintah service ssh restart


Seperti itulah cara merubah port ssh di debian, selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara login ke server ssh nya. Terima kasih.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner