Kamis, 23 Februari 2017

Cara Install SSH di Debian Lengkap


Cara Install SSH di Debian Lengkap - Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing (Wikipedia). Sebagai contoh seorang admin jaringan disalah satu perusahaan yang sedang berlibur diluar kota mendapatkan telpon mendadak dari bos perusahaannya dikarena kan ada masalah pada sistem jaringan perusahaan tersebut. Hal ini tentu akan menyulitkan admin tersebut karena sedang berada diluar kota dan tidak bisa langsung datang ke kantor untuk memperbaikinya. Dengan adanya Secure Shell (SSH) ini admin tersebut dapat memperbaiki sistem jaringan perusahaan tersebut walaupun berada diluar kota. Mengapa bisa demikian? Ini dikarenakan SSH dapat meremote server (Debian) yang jauh disana walaupun admin berada diluar kota. Asalkan kita tahu IP Address dari perusahaan tersebut dan juga port SSH nya. Berikut ini tutorial cara install SSH di Debian Lengkap.

  1. Install Paket SSH Debian

    Pastikan sudah login ke akun root server debian, lalu ketikan apt-get install ssh

  2. Melanjutkan dan Memasukan DVD Debian


    Selanjutnya akan ada pemberitahuan untuk melanjutkan installasi paket nya, tekan enter atau bisa juga ketikan y lalu enter. Setelah itu akan ada permintaan memasukan kaset DVD Debian. Masukan kaset DVD Debian sesuai yang diminta (contoh DVD 1 Debian)

  3. Installasi Paket SSH Selesai

    Apabila seperti gambar diatas maka installasi SSH di Debian selesai.

Itulah cara install SSH di Debian, Selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara konfigurasi SSH nya, dan tentu saja menggunakan VPS Debian. Terima Kasih.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner